Terlihat Seperti Awan, Astronot NASA Temukan Aurora di Planet Uranus


Zeroformasi - Pemandangan indah rupanya tak hanya bisa dinikmati di planet Bumi saja. Angkasa luar memiliki banyak misteri indah yang bisa dinikmati mata. Misalnya seperti yang ditemukan astronot yang sedang bertugas di luar Bumi. 

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Agensi Antariksa Eropa telah merilis foto menakjubkan yang menunjukkan aurora di Uranus. Foto tersebut bisa terlihat dari planet beku itu berkat Voyager 2, serta observasi yang ditangkap Teleskop Antariksa Hubble. 

Aurora bisa terjadi di planet lain selain Bumi selama mereka memiliki atmosfer dan medan magnet. Mereka disebabkan oleh aliran partikel bermuatan yang berasal dari angin surya dan vulkanisme bulan atau ionosfer planet. 

Ketika partikel-partikel ini terperangkap dalam medan magnet dan perjalanan ke atmosfer, mereka berinteraksi dengan atmosfer seperti oksigen dan nitrogen. Interaksi ini memicu semburan spektakuler cahaya yang disebut aurora. 

Para ilmuwan telah mengamati dan mempelajari aurora di Jupiter dan Saturnus selama bertahun-tahun tapi minat mereka untuk aurora Uranus yang lebih baru dan masih ada banyak pertanyaan belum terjawab. Tapi pada 2011, Hubble Space Telescope NASA / ESA menjadi teleskop pertama di Bumi untuk menangkap gambar aurora di Uranus. [wowkeren] 

Komentar